Kumpulan Negara Paling Unik Di Dunia

Setiap manusia mempunyai pemikiran yang berbeda-beda satu dengan yang lain nya karena di beri akal oleh tuhan. Begitu juga dengan pendiri negara-negara di bawah ini, negara dengan ukuran dan wilayah yang super kecil ini hanya pengakuan yang mereka buat sendiri dan tidak di akui oleh negara besar di sekitarnya atau di dunia. berikut berita tentang negara mini di seluruh dunia yang di ambil dari bujanglanang.wp.com.

Nomor 1Kepangeranan Sealand



Paddy Roy Bates, menyebut dirinya sebagai Yang Mulia Pangeran Roy dari Sealand. Mendeklarasikan sebuah menara bekas di tengah laut seluas 550 m² sebagai negara baru yang dia sebut Kepangeranan Sealand atau Principality of Sealand. Wilayah negaranya meliputi Menara Roughs ditambah dengan wilayah laut dalam radius 12
 nautical-mile.

Padahal menara yang dia klaim sebagai negara  baru itu hanya berjarak 10 km lepas pesisir Suffolk, Inggris, pada koordinat 51°53′40″ LU, 1°28′57″ BT. Penduduk tetap dari negara aneh ini tak pernah lebih dari 5 orang. Terdiri dari si pendiri dan anggota keluarganya.

Menara itu tadinya merupakan benteng pertahanan tentara Inggris selama perand dunia ke dua melawan Jerman, dibangun di perairan internasional di luar wilayah Inggris. Pada 2 September 1967 Paddy Roy Bates, pensiunan tentara menguasai menara itu dan mendirikan kepangeran Sealand, dan dia sebagai rajanya.

Berminat menjadi warga negara nya ?. Roy Bates menawarkan gelar kebangsawanan bagi siapa saja yang mau jadi pendukungnya. Account facebook nya sudah memiliki lebih dari 20 ribu penggemar di http://www.facebook.com/PrincipalityOfSealand sementara situs resmi negara ini sama seperti account FB nya, sama sama tak pernah di update http://www.sealandgov.org/


Nomor 2 : Republik Molossia

Entah dapat ide darimana sehingga warga Amrik satu ini menamai lahan yang dia beli seluas 58 ribu meter persegi itu dengan Republik Molossia, menjiplak nama Malaysia mungkin ya ?.  Menurut situS resmi pemerintah republik Molossia, negara mini ini didirikan pada tanggal  26 Mei 1977.

 

Ibukota Molossia berada di luar kota Daytona, Nevada Amerika Serikat. Terdiri dari rumah presiden Republik Molossia Kevin Baugh’s plus halaman depan dan belakangnya. Ditambah dua properti yang dia beli di Pennsylvania and California. Orangnya bergaya sebagai dikatator, turun dengan seragam militer dan kaca mata hitam besar. Dia menyebut negara mini nya itu sebagai sebuah hobi. Orang ini juga mengkalim satu titik di Samudera Pasifik sebagai miliknya ditambah area 49.881 mil persegi di planet Venus juga sebagai miliknya. Faktanya dia merupakan warga Amerika yang juga membayar pajak kepada pemerintah Amerika meskipun dia menyebut pembayaran pajak itu sebagai ‘sumbangan ke luar negeri’

 

Situs resmi pemerintah Molossa : http://www.molossia.org

 

Nomor 3 : Kepangeranan Sungai Hutt

Kepangeranan Sungat Hutt atau The Principality of Hutt River (sebelumnya disebut sbg propinsi Sungai Hutt) didirikan oleh Leonard Casley di tahun 1970. Negara mini ini terbentuk manakala 5 keluarga memiliki perkebunan seluas 75 kilometer persegi di area sungai Hutt dan berujung kepada perselisihan hukum dengan pemerintah Australia Barat terkait masalah quota penanaman gandum.

 

Secara esensial keluarga keluarga tersebut sudah memproduksi gandum jauh melebihi yang mereka sebut sebagai dijual menggunakan hukum yang berlaku (1000kali lebih tinggi dari jumlah yang diharuskan hanya untuk milik Casley saja). Dalam korespondensinya dengan gubernur, Pak Casley disebut sebagai “Administratur Propinsi Sungai Hutt” secara hukum memberikannya hak atas jabatan itu. Lalu dia mengganti gelar itu menjadi ‘yang mulia Pangeran Leonard I” untuk mengambil keuntungan dari hukum lama australia yang menyatakan bahwa siapapun yang mengganggu keluarga kerajaan dianggap sebagai sebuah penghianatan, dan menggunakan itu sebagai pembenaran untuk memisahkan diri dari Australia.

 

Di tahun 1979 perusahaan Pos Australia berhenti melayani negara mini ini, dan berkali kali meminta agar rakyat disana untuk membayar pajak kepada pemerintah Australia. Namun Casley atau Pangeran Leonard I menjawab permintaan itu dengan menantang Pemerintah Australia untuk berperang, sejak itu Perusahaan pos kembali melayani negara mini Kepangeranan Sungai Hutt dan surat tagihan pajak juga tak pernah datang lagi.

 

Warga negara kepangeranan Hutan Hutt yang menetap disana tak lebih dari 20 Orang sementara 13 ribu sampai 18 ribu lainnya merupakan warga negara mereka yang tinggal di luar negeri.

 

Situs pemerintah Sungai Hutt : http://www.principality-hutt-river.com/

Nomor 4 : Kerajaan Dunia yang lain 

Kerjaan Dunia yang lain atau The Other World Kingdom hanyakah wilayah seluas 3 hektar di Republik Ceko (Czech Republic) yang kemudian mendeklarasikan diri nya sebagai negara mini berdaulat. Dipimpin oleh yang mulia Ratu Patricia I (Her Royal Majesty Queen Patricia I).

 

Kerajaan ini menganut istem matrialis, yang berarti negeri itu diperintah oleh wanita, semua jabatan dibawah ratu dijabat oleh wanita berikut semua gelar ningrat hanya diberikan kepada para wanita.

 

Kerajaan aneh ini  hanya terdiri dari beberapa bangunan dan area terbuka. Mereka menggunakan passport sendiri, mata uang sendiri, polisi,  bendera negara, banner bahkan lagu kebangsaan sendiri.


Nomor 5 : Waveland

Waveland andalah negara global baru yang berlokasi di Internet, warganegaranya saling berbagi nilai nilai persmaan, kerja sama, penghormatan terhadap perbedaan, koeksistensi dengan yang lain termasuk terhadap alam. Begitu cuplikan dari situs resmi waveland

 

Waveland adalah negara maya yang didirikan oleh kelompok pecinta alam Greenpeace. Negara itu sendiri secara geografik selalu terkait dengan pulau Rockall, batu terjal tak berpenghuni tak jauh dari Inggris tapi kepemilikannya diperebutkan oleh Inggris, Islandia, Irlandia dan Denmark.


Di tahun 1997 pulau tersebut dikuasai oleh greenpeace yang sedang melakukan aksi protes terhadap penambangan minyak di area tersebut. Sekaligus mendeklarasikan berdiriinya sebuah negara baru bernama negara Waveland. Waveland menawarkan kewarganegaraan kepada siapapun yang bersedia mengucapkan sumpah setia. Pemerintah Inggris sendiri tengan tenang saja dengan aksi greenpeace tersebut. Mengingat inggris menggangap Pulau rockal / waveland adalah milik Inggris dan Greenpeace adalah organisasi berijin dan bebas beroperasi di Inggris, jadi tak ada masalah dengan greenpeace yang mengaku ngaku memiliki pulau Rockall.  Yang ada di pulau rockall hanyalah perangkat lampu suar dengan panel listrik tenaga surya untuk memandu kapal laut yang melewati wilayah itu.


Situs resmi Waveland : http://www.waveland.org/

Nomor 6 : Westarctica

Negara Antartika Barat atau Grand Duchy of Westarctica  didirikan di bagian wilayah antartika sebelah barat yang memang belum di klaim oleh pihak manapun, ditahun 2001 seorang warga Amerika bernama Travis Mc Hendy mendirikan negara Antartika Barat sebuah trobosan baru terhadap traktat antartika yang mengatur perjanjian bagaimana komunitas internasional memperlakukan antartika. Inti dari traktat antartika adalah melarang negara manapun mengklaim wilayah antartika barat, hanya saja traktat itu tidak mengatur larangan bagi pribadi pribadi.

 

McHenry mengklaim teritorialnya dan mendirikan sebuah negara. Sebagai kepala negara micro yang baru berdiri dia memulai berkirim surat kepada berbagai pemerintahan negara di dunia memberikan informasi kepada mereka atas apa yang dia dirikan di antartika Barat.  Namun surat surat itu sepertinya hanya di abaikan saja oleh penerimanya. Siapa peduli dengan negara baru berdiri tapi tak berpenduduk sama sekali.

 

Antartika memang tak memiliki populasi manusia pribumi, begitu juga dengan antartika barat. Hanya ada  beberapa fasilitas pusat penelitian yang dibangun disana oleh beberapa negara. Negara baru ini memiliki perangko dan mata uang koin hanya untuk souvenir belaka.  Tahun 2005, McHenry mencoba menganeksasi pulau Balleny dan pulau Peter I untuk memperlebar wilayah Westarctica tapi sepertinya tak ada orang yang menganggap hal itu sebagai hal yang serius, karena masing masing  pulau itu sendiri sudah menjadi milik Selandia Baru dan Norwegia.

 

Situs resmi antartika barat : http://www.westarctica.org/

Nomor 7 : Negara Angkasa Raya


Nama Resmi : Nation of Celestial Space

Luas : Keseluruhan Jagad Raya kecuali planet Bumi
Populasi : Tak diketahui ?
Founder & perwakilan pertama : James Thomas Mangan

 

Di tahun 1949, orang amerika bernama James Mangan menghadap ke kantor pencatatan pengesahan dan penamaan di Cook County, Illinois dan menyatakan klaim terhadap keseluruhan jagad raya. Tujuan utamanya adalah untuk mewakili seluruh umat manusia, sehingga nantinya tidak akan ada lagi negra yang akan mengklaim wilayah di Angkasa Raya. Tahun 1948 Mangan mengumumkan deklarasi Nation Of Celestial Space. Dengan memasukkan tujuan nya guna mengamankannya bagi mereka yang simpati, dimanapun mereka tinggal, keindahan dan manfaat dengan wilayah yang sangat luas tapi tak di klaim oleh negara manapun.

 

Ide Negara Angkasa Raya itu seperti sudah mati bersama pendirinya. Akan tetapi apa yang dia dirikan itu mendapatkan kehormatan dari PBB sebagai Micro Nation ditahun 1958, ketika bendera Nation of Celestial Space Dikibarkan di markar PBB di New York bersama dengan bendera negara negara anggota PBB  lain nya.


Nomor 8 : Pulau Rose 

Pulau Rose atau Rose Island,

Luas wilayah : 0.0004 km2,

President : President Giorgio Rosa.

Pada tahun 1967 seorang insinyur Italia Girogio Rosa membuat landasan buatan di lepas pantau Rimini, Italia. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk melayani wisatawan, termasuk restoran, klub malam, dan toko cinderamata. Pada tahun 1968, Rosa mendeklarasikan kemerdekaan dari Italia, dan reaksi pemerintah Italia benar benar merespon tindakan tersebut tidak seperti pimpinan negara yang biasanya lebih cenderung tak memperdulikan Micro nation, Sebaliknya, otoritas Italia melihat proyek Rosa sebagai upaya untuk menghasilkan uang wisata sambil menghindari membayar pajak. Empat perwira polisi militer dan penagih pajak yang dikirim ke pulau itu untuk mengambil kendali. Setelah merebut kendali penuh atas Pulau buatan itu, Angkatan Laut Italia secara dramatis menggunakan bahan peledak meledakkan tempat tersebut hingga musnah sepenuhnya.


Nomor 9 : Operation Atlantis

Operation Atlantis adalah proyek yang dikepalai oleh Warner Stiefel diluncurkan tahun 1971.  dengan tujuan untuk membuat sebuah komunitas Libertarian di wilayah perairan internasional, bebas pengawasan dari pemerintah negara negara besar manapun.

 

Stiefel dan asosiasinya kemudian bermimpi membuat pulau buatan di karibiya namun karena kapal mereka sendiri sebenarnya tak siap operasi sejak awal. Ketika mereka melintasi sungai hudson tatkala air pasang, namun ketika air surut kapal tersangkut di lumpur. Kondisi kapal miring dan hampir terbalik ketika struktur kapal mulai menejang es di pelabungan New York. Dengan susah payah kapal tersebut ahirnya sampai ke Bahama namun kemudian tenggelam karena badai.

 

Nomor 10 : Kerajaan Talossa

Kingdom of Talossa, luas wilayah : 13 km persegi, ditambah sebagiah wilayah Antartika, Populasi: 120,  Kepala Negara : Raja John I


Bocah 14 tahun dari Wisconsin Robert Madison mendirikan Kerajaan Talossa di tahun 1979, pada mulanya dia hanya mengklaim tempat tidurnya sebagai wilayah kerajaan, ketika dia mulai tumbuh dewasa, dia mulai mengklaim lebih banyak teritorial, termasuk sebagian besar wilayah Milwaukee’s timur, dua pulau di Antarctica dam Francis. Meski Talossa hanyalah ide dari remaja belasan tahun namun mampu menjadi topik utama di halaman depan harian terkenal sekelas The New York Times dan Wired, dan beberapa kalai muncul di koran dan majalah seluruh dunia. Sebagian besar warganegara atau lebih tepat disebut anggota negara Talosa mendapatkan informasi dari situs Madison.


Raja saat ini adalah His Majesty King John I, naik tahta pada 14 March 2007. Beberapa kali anggota /warganegara talosa frustasi dengan Madison, menyebutnya semakin otokratik dan secara umum hampir tak bisa bertoleransi dalam tindakannya sebagai pemimp[in.  Perpecahan terjadi, seorang warga negaranya kemudian keluar dan mendirikan negara baru milikny sendiri dengan nama Republik Talosaa di tahun 2007 dan pemimpinnya saat ini adalah John Woolley, yang terpilih di tahun 2007,

 

Website resmi talossa : http://www.kingdomoftalossa.net/index.cgi?lingo=&page=Territory

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Otak Mesum. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kumpulan Negara Paling Unik Di Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s