Video Kekerasan Terhadap Sapi Autralia Di Tempat Pemotongan Tanah Air

Kekejaman terhadap hewan terjadi di tanah air. Terjadi di sebuah pemotongan sapi, sapi yang mau dipotong terlebih dahulu di siksa dan melanggar hak asasi ke hewanan.

Berita ini terungkap oleh Pemerintah Federal Australia dalam sebuah rekaman penyembelihan sapi yang di tayangkan oleh ABC’s Four Corners tadi malam, Senin, 30 Mei 2011. Dalam tayangan itu terlihat sapi Australia rata-rata dipotong di tenggorokannya 10 kali, padahal mestinya hanya satu sayatan. Tak hanya itu, hewan-hewan itu juga mengalami kekerasan lain.

Pemerintah Federal Australia sedang berada di bawah tekanan, untuk mengakhiri ekspor ternak hidup ke Indonesia. Kini sedang diributkan bahwa rumah pemotongan di tanah air melakukan berbagai praktek kejam terhadap binatang.

Berikut berita dan video yang di kutif Luar Otak dari Ruanghati.com

Menyusul tayangan tersebut, organisasi Animals Australia, RSPCA, dan politisi Australia, Andrew Wilkie, menuntut pemerintah dan eksportir untuk mengakhiri pengiriman ternak hidup ke Indonesia. Kata mereka, baik pemerintah dan industri telah mengabaikan fakta yang terjadi di rumah pemotongan hewan Indonesia. Perusahaan LiveCorps yang menerima rekaman ini minggu ini juga langsung bertindak. Mereka membatalkan penjualan ke tiga rumah pemotongan hewan dan mengirimkan ahlinya.

“Meskipun kami menghadapi banyak tantangan dalam meningkatkan kesejahteraan hewan di negara berkembang, kami telah membuat kemajuan besar selama dekade terakhir,” kata bos LiveCorp, Cameron Hall, seperti dimuat situs berita The West Australian, Selasa, 31 Mei 2011.

“Tidak ada bangsa lain yang memiliki komitmen pada kesejahteraan hewan seperti Australia dan tidak ada negara lain yang berinvestasi dalam kesejahteraan hewan seperti yang kami lakukan.” LiveCorp bersikeras rekaman yang dipertontonkan ke publik Australia tak mencerminkan seluruh kondisi di Indonesia.

Untuk diketahui, Indonesia adalah importir terbesar sapi Australia–memiliki 100 fasilitas pengolahan binatang. Bagaimana kekejaman pada sapi itu bisa terkuak? Adalah aktivis perlindungan binatang dari Animals Australia, Lyn White yang datang langsung ke Indonesia.

Ia mengunjungi 11 rumah pemotongan hewan Maret 2011 lalu. Saat itulah kekejaman itu terkuak. Di salah satu kasus, ada seekor sapi tergelincir di lantai yang licin. Dengan maksud menggiring sapi ke penyembelihan, para pekerja memutus ekornya, mencukil mata, dan menuangkan air ke hidung sapi.

Kepala riset RSPCA, Bidda Jones, yang ditugaskan menganalisa penyembelihan mengatakan, rata-rata sapi harus dipotong tenggorokannya sampai 10 kali sebelum mati. “Bahkan ada yang sampai 33 kali,” kata dia pada ABC. “Ini bukti kurangnya keahlian dan pisau yang kurang tajam.”

Selain menuntut perbaikan di rumah pemotongan, para eksportir Australia juga dituntut memperbaiki metode pengiriman. Salah satunya, dengan menggunakan kotak–untuk mencegah kaki binatang bersinggungan dengan lantai yang licin dan terjatuh.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Otak Mesum. Tandai permalink.

11 Balasan ke Video Kekerasan Terhadap Sapi Autralia Di Tempat Pemotongan Tanah Air

  1. yunika margareta berkata:

    kasihan banget sih tuh sapi (T_T)

  2. yunika margareta berkata:

    semoga yg buat sprt tu masuk ke neraka.
    makanya pa PRESIDEN bantu kami spy sapi2nya bisa selamat n sapi2 yg lain g ikut trauma juga

    terima kasih :)

  3. yunika margareta berkata:

    klo w jadi PRESIDEN da w tangkep thu orang.

    kasihan y sapi2nya:(

  4. acin berkata:

    Astaghfirullahu, sangat kejam dan sangat bertentangan dgn syariat islam, yang mengajarkan berlaku kasih sayang walaupun terhadap hewan yg mau disembelih sekalipun.islam mengajarkan untuk menyenangkan hewan yg mau disembelih dan menajamkan pisau nya

  5. IKA berkata:

    Kasihan amat kamu sapi, kenapa harus dikirim ke Indonesia…ckckck
    Jangankan sama sapi…… Tindakan kriminal thdp hak asasi manusia aja banyak sekali dinegara ini, kayak pemerkosaan, aborsi, pembunuhan, penganiayaan. Indonesia bukan cuma lagi krisis ekonomi, tapi juga krisis moral….Pancasila sudah lagi tidak dijunjung tinggi.
    Petinggi jadi koruptor, rakyatnya saling tikam, generasi mudanya mulai hancur…..

  6. Ayuk Srix berkata:

    kalau memang benar itu terjadi di indonesia betapa tak bermoral orang yg udah melakukan itu….biar tuhan yg menghukumnya dan semoga orang itu dapat merasakan apa yg telah dirasakan sapi-sapi itu…..

  7. kamal reza berkata:

    Gak ada OTAK tuh orang…

  8. indonesiabajingan berkata:

    bajingan banget orang itu, dasar orang Indonesia memang banyak yg cacat mental!! gak bermoral!! semoga Tuhan YME memberikan balasan yg setimpal dengan apa yg telah mereka perbuat

  9. BETUL TUH PEMEMRINTAH AUSTRALIA MEMBERHENTIKAN EKSPOR SAPINYA KE INDONESIA .. KASIIHAN ….. DIBUNUH Y DIBUNUH TETAPI JANGAN CARANYA BEGIYU,,,

  10. 3rrorband berkata:

    Astrafiruwlah alhajimm..

    ihh ini mah bukan Indonesia nya yg salah tapi ttuh ORANG YG punya RUMAH jagaL nya

    masa mau motong hewan aja ampe segitu nya subhanawlahh…

    smoga yg motong cepet sadar yaa :)

  11. farhan berkata:

    org org indonesia yg motong sapi yg disiksa itu seperti anjing buangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s