Kenapa Gelar Haji Hanya Ada Di Indonesia

Kenapa Gelar Haji Hanya Ada Di IndonesiaKenapa Gelar Haji Hanya Ada Di Indonesia. Musim haji sudah mulai beres di tahun 2016, segelumit kisah para haji akan mewarnai kepulangan dan berbagi cerita bersama keluarganya, tetangga bahkan teman – teman jamah haji.

Kejadian mulai dari crane jatuh di mekkah pada tahun 2015 dan haji ilegal yang menggunakan kuota Philipina menjadi kisah menarik di musim haji setiap tahunya.

Yang jadi pertanyaan menarik adalah gelar haji itu sendiri yang akan di sematkan di setiap jamah haji yang sudah pergi haji.

Gelar haji itu sendiri hanya ada di Indonesia saja di negara – negara yang mayoritas muslim saja tidak ada ketika muslim menunaikan rukun islam yang ke lima ini.

Kenapa bisa hanya di Indonesia gelar haji ini di sematkan ?

Berikut kisah yang Luar Otak ambil dari artikel milik membernya kaskus yang membuat menarik Luar Otak bahas di musim haji ini.

Berikut kutifan yang di ambil dari Kaskus.

ilustrasi-hajiBanyak dari kita tidak tahu bahwa gelar haji adalah konspirasi orang-orang Belanda di masa penjajahan. Gelar ini pertama kali disematkan pada tahun 1900-an. Hal ini dilakukan Belanda karena orang Islam di masa itu sangatlah berbahaya. Mereka takut jika para petinggi yang memiliki gelar haji ini bisa mengumpulkan massa lalu menyerang Belanda secara diam-diam.

Kenapa Gelar Haji Hanya Ada Di IndonesiaDi masa itu, orang yang sudah memiliki gelar haji adalah Hasyim Asyari yang akhirnya mendirikan Nahdlatul Ulama, lalu HOS Cokroaminoto yang akhirnya mendirikan Sarekat Islam, dan masih banyak lagi para tokoh yang sudah berangkat haji dan pulang menjadi seorang pejuang. Mereka menyebarkan Islam juga memberantas para penjajah seperti Belanda.

Seperti yang telah dicuplik di atas, gelar haji diberikan oleh Belanda kepada para tokoh yang dianggap berbahaya. Pemberian gelar ini akan membuat para tokoh terdata dengan jelas. Siapa saja dengan gelar haji bisa diamati dengan baik setiap harinya sehingga Belanda tidak akan pernah mengalami apa yang namanya kecolongan dalam hal pertarungan.

Sebelum pemberian gelar ini dilakukan, Belanda sudah beberapa kali mendapatkan serangan dari tokoh Islam yang cukup membuat mereka kerepotan. Mereka sebenarnya sudah berangkat haji, namun tidak memiliki gelar itu di depan namanya. Hal ini membuat Belanda kerap kebingungan sehingga mereka banyak mengalami kematian pada pasukan dan stok senjatanya menipis. Oh ya, tokoh Islam yang juga pernah berhaji namun tidak bergelar haji adalah Pangeran Diponegoro yang sangat dibenci Belanda.

Kenapa Gelar Haji Hanya Ada Di IndonesiaDahulu kala, perjalanan ibadah haji hanya bisa dilaksanakan dengan kapal laut saja. Selama berbulan-bulam, para calon jemaah melakukan perjalanan sehingga saat pulang kerap mengalami sakit yang cukup parah. Saat Belanda masih menguasai Indonesia, para jemaah yang kembali haru masuk ke pulau Onrust terlebih dahulu. Di sana ada rumah sakit untuk mengarantina mereka.

Selain untuk karantina, mereka juga didata secara mendetail di sini. Mereka yang dianggap mencurigakan akan diam-diam dibunuh dengan suntikan mati. Merek yang tidak berbahaya akan dibiarkan hidup bersama titel haji di depan namanya. Dengan adanya titel ini, Belanda kan dengan mudah mengawasi mereka dari kejauhan.

Bahkan versi gelar haji yang pernah Luar Otak tanyakan pada salah satu ustad adalah. Gelar haji ada sebagai bentuk gelar sosial agar lebih dekat dan makin rajin melaksanakan Ibadah – ibadah lainya setelah melaksanakan rukun islam yang kelima.

Apapun itu ceritanya dan apapun itu maksdnya yang lebih penting adalah ibadah kita terhadap tuhan yang maha esa. karna manusia yang baik di mata tuhan adalah yang baik ibadahnya dan baik sesama manusia.

Begitulah kira- kira Kenapa Gelar Haji Hanya Ada Di Indonesia ?

 

One thought on “Kenapa Gelar Haji Hanya Ada Di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s